Item baru ditambahkan (s) ×

Anda tidak memiliki item di keranjang belanja Anda.

Rp.

HARI FILM NASIONAL: 5 FILM RIO DEWANTO YANG WAJIB KAMU TONTON

Tanggal 30 Maret ini diperingati sebagai Hari Film Nasional, tapi kamu tahu enggak sejarah di balik terpilihnya tanggal 30 Maret sebagai Hari Film Nasional? Jadi, Sutradara Indonesia Usmar Ismail berhasil memproduksi sebuah film berjudul Darah dan Doa atau The Long March of Siliwangi melalui perusahan film miliknya sendiri, Perfini. Pada tahun 1950 merupakan Hari pertama pengambilan gambar. Tanggal inilah yang kemudian dipilih oleh Dewan Film Nasional sebagai Hari Film Nasional.

Rio Dewanto yang kita kenal sebagai aktor Indonesia papan atas sudah banyak berkontribusi di banyak film berkualitas terhadap kemajuan film Indonesia. Film apa saja sih yang pernah dibintangi oleh Rio, Famo People?

Arisan! 2 (2011)

Kamu pasti tahu dong film Arisan!? Di sekuelnya, film fenomenal ini dimainkan oleh Rio Dewanto. Dalam Arisan! 2, ia memerankan seorang pria gay bernama Octa yang menjadi pasangan sesama jenis dengan Nino (Surya Saputra). Akting Rio di sini total banget. Bahkan, di film ini, Rio berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Actor in a Supporting Role di Piala Maya 2012 dan Favorite Supporting Actor di Indonesia Movie Awards 2012.

FAMO - HARI FILM NASIONAL

nowjakarta.co.id

Modus Anomali (2012)

Film bergenre thriller yang disutradarai oleh Joko Anwar ini dirilis dengan judul Internasional Ritual. Rio Dewanto diharuskan untuk shooting di hutan selama 10 hari berturut-turut. Rio beradu akting bersama Hannah Al Rashid sebagai sepasang suami istri. Bercerita tentang John Evans (Rio) yang harus menyelamatkan keluarganya yang hilang. Ia pun harus lari dari kejaran seorang pembunuh misterius. Film ini mendapatkan penghargaan khusus Bucheon Award dari Network of Asian Fantastic Film dan dinominasikan dalam SXSW Film Festival pada tahun 2012. Wajib banget nonton nih!

FAMO - HARI FILM NASIONAL

flickmagazine.net

Hello Goodbye (2012)

Masih di tahun yang sama, pada tahun 2012, Rio membintangi film yang nampaknya bukan karakter yang sulit bagi Rio Dewanto. Gimana enggak, dalam Hello Goodbye, Rio beradu akting dengan Atiqah Hasiholan, kekasihnya sendiri baik dalam film ini maupun dunia nyata. Film Hello Goodbye bercerita tentang Indah (Atiqah Hasiholan), yang bekerja di cabang KBRI di Busan, Korea Selatan dan suatu hari bertemu dengan pelaut asal Indonesia juga, bernama Abi (Rio Dewanto). Abi mengalami serangan jantung dan Indah-lah kemudian yang ditugaskan kantornya untuk bertanggung jawab atas Abi. Di mulai drai pertemuan teserbut konflik mulai muncul. Film ini sempat tayang perdana dalam Busan Film Festival 7th di Korea Selatan, Rio dan Atiqah menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang ikut hadir dalam festival film internasional ini. Wow!

FAMO - HARI FILM NASIONAL

filmindonesia.or.id

Love & Faith (2015)

Film yang dinagkat dari kisah nyata tokoh pengusaha perbankan yang memiliki aset Rp 100 triliun. Dari film ini, kita belajar bahwa tak ada kesuksesan instan. Berkaca dari jatuh bangun pengalaman hidup Kwee Tjie Hoei atau Karmaka yang diperankan Rio Dewanto dan Laura Basuki sebagai Lim Kwee Ing. Love & Faith merupakan film biopik indonesia yang disutradarai oleh beny setiawan. Film ini diadaptasi dari buku berjudul Karmaka Surjaudaja: Tidak Ada yang Tidak Bisa karya Dahlan Iskan. Berkat film ini Rio mendapatkan nominasi sebagai Best Leading Actor di  Festival Film Indonesia 2015 dan nominasi sebagai Best Actor in a Leading Role di Piala Maya 2015.

FAMO - HARI FILM NASIONAL

new.e-motion.co.id

Filosofi Kopi (2015) & Fisolofi Kopi 2 (2017)

Filosofi Kopi yang diekranisasi dari cerpen yang dengan judul yang sama karya Dewi lestari ini film yang sangat ditunggu-tunggu. Kemunculan karakter Ben dan Jody yang diperankan oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho. Keduanya berambisi untuk membangun kedai kopi terbaik di Jakarta. Hadir pula aktris cantik Julie Estelle sebagai El yang merupakan seorang peneliti kopi. Akting para pemainnya patut diacungi jempol.

Pamor film ini memang enggak pernah padam, hingga dibuat untuk sekualnya di tahun 2017 lalu yang masih bercerita tentang Ben & Jody. Jalan cerita semakin menarik dengan kehadiran Luna Maya dan Nadine Alexandra. Kesuksesan film ini enggak berhenti di situ saja, karena kedai Filosofi Kopi masih menjadi magnet para penikmat kopi.

FAMO - HARI FILM NASIONAL

visinemapictures.com

Film yang kita bahas tadi merupakan sebagian kecil dari film-film Indonesia yang sudah Rio perankan. Kira-kira film apa nih yang jadi favorit kamu? Sebagai generasi muda, kita harus dukung dan bangga dengan kemajuan film Indonesia  buatan anak negeri. Ada hal yang menarik dari perayaan Hari Film Nasional tahun 2018 ini, tanggal 30 Maret ini akan ada acara nonton bareng film Indonesia di 119 titik lokasi di tanah air serta di 17 negara. Wow ini sih keren banget! Yuk, dukung terus untuk kemajuan film Indonesia, Famo People!

 

 Famo, Hari Film Nasional, Film, Rio Dewanto

© Developed by CommerceLab